Ke-SH an: Tri Bhakti PSHT

Pencak Silat memang sudah lama di ciptakan dan di pelajari oleh masyarakat Indonesia,sejak jaman dahulu bahkan leluhur kita telah mampu menciptakan sistem pembelaan diri yang sangat mematikan guna melindungi diri. Ternyata selain untuk pembelaan diri Pencak silat juga mengajarkan pelatihan Mental atau melatih perilaku para praktisinya untuk menghindari penyalahgunaan Pencak Silat misalnya untuk kejahatan.


Dalam ajara Setia Hati,salah satu ajarannya yaitu kita kenal dengan PANCA DASAR dan ada juga TRI BHAKTI,tri berarti tiga dan bakti artinya berbakti,jadi artinya adalah 3 hal yang kita harus berbakti kepadanya,diantaranya:

1.Berbhakti Kepada Tuhan YME
Hasil gambar untuk ibadah


Berbhakti kepada Tuhan YME maksudnya adalah menjalankan ketetapan-ketetapan,aturan-aturan serta tutunan agama yang diyakininya,Bhakti kepada Tuhan di jadikan Bhakti Yang nomor 1 karena Tuhanlah yang menciptakan dan mencukupkan rizkynya pada kita.

2.Berbhakti kepada Orangtua

Kita wajib Berbhakti kepada kedua orangtua kita yang telah melahirkan serta membesarkan kita dengan penuh kasih sayang dari kita kecil sampai kita mampu berdiri sendiri. Apabila kita tidak berbhakti kepada orangtua dan malah medurhakainya maka kita akan mendapat dosa dan laknat dai Allah SWT.

3.Berbhakti Kepada Pelatih



Kita pun dalam kehidupan harus selalu menghormati serta berbhakti kepada pelatih atau guru,karena biarpun mereka tak mempunyai hubugan darah dengan kita namun berkat jasa pelatih dan guru kita lah kita bisa menjadi orang yag berilmu

dan dalam kehidupa modern masa sekarang Tri Bhakti bisa ditambahi dengan satu bhakti lagi,yaituu...



4.Berbhakti Pada Negeri


Semoga Bermanfaat :)