Ke-SH-an : Panca Dasar Setia Hati Terate





Persaudaraan Setia Hati Terate adalah Organisasi Pencak Silat yang berbasis Persaudaraan,sehingga tidak heran kalau sampai sekarang PSHT adalah merupakan salah satu Perguruan Pencak Silat yang mempunyai masa paling besar di Indonesia dikarenakan rasa persaudaraa yang amat kental diantara para anggotanya.
===Baca Juga TRI BHAKTI PSHT===


dalam PSHT dikenal adanya deangan adanya PANCA DASAR PSHT,PANCA artinya Lima sedagkan Dasar artiya Pondasi,jadi PANCA DASAR PSHT bisa diartikan sebagai 5 dasar yang harus dimiliki siswa dan warga PSHT, Kelima dasar tersebut diantaranya adalah:


  1. Persaudaraan
  2. Olah raga
  3. Kesenian
  4. Beladiri
  5. Mental kerohanian (ke-sh-an)

1. Persaudaraan
eratnya persaudaraa
Persaudaraan adalah suatu hal yang diutamakan bagi warga dan siswa Persaudaraan Setia Hati Terate, Persaudaraan adalah ikatan batin yang erat antara satu orang dengan orang lain,dalam konteks PSHT hubungan antar Warga dengan warga serta hubungan antara Warga PSHT dengan masyarakat pada umumnya,Persaudaraan ditanamkan kepada siswa PSHT sejak pertama kali mengecap pelatihan SH. Dalam persaudaraan, manusia diperlakukan dan diakui sesuai dengan harkat dan martabatnya sebagai makhluk Allah SWT yang sama derajatnya, tanpa membedakan suku,agama dan kepercayaan, jenis kelamin, kedudukan social, warna kulit, dan sebagainya.

2. Olah Raga
atlet silat sedang bertanding
Pengertian olah raga pada pencak silat adalah mengolah raga dengan gerakan-gerakan pencak silat yang ada pada Persaudaraan Setia Hati Terate. Olahraga disini selain untuk menjaga kesehatan tubuh dan jiwa,juga bertujuan untuk meraih prestasi






3. Kesenian
Seni Jurus Beregu
Kesenian sebagai salah satu aspek dalam Persaudaraan SH Terate merupakan bagian unsure latihan PSHT,karena pencak silat memang dikenal sebagai olahraga Seni Beladiri sehigga sudah barag tentu mengandung gerakan seni yang apabila dilakukan akan enak dilihat. Macam atau bentuk kesenian terdiri dari permainan tunggal, permainan ganda dan pagelaran massal, yang diwujudkan dalam paket-paket latihan sebagai pedoman dasar.
selain untuk pertunjukan,kesenian juga dapat dipelajari dengan tujuan untuk meraih prestasi setiggi-tingginya apabila dipelajari dengan bersungguh-sungguh

4. Bela diri















Pencak silat berfungsi sebagai alat /senjata untuk membela diri / untuk mempertahankan kehormatan dan eksistensinya, tetapi perlu diingat bahwa kita hanya boleh melakuka beladiri apabila dalam keadaan sangat mendesak dan terpaksa.
Persaudaraan setia hati terate tidak mengajarkan seni bela diri dari negara lain dan hanya mengajarkan pencak silat karena pencak silat adalah seni membeladiri asli dari bangsa indonesia yang mutunya tidak kalah dengan beladiri yang lain karena persaudaraan SH terate juga bertujuan mempertahankan dan mengembangkan kepribadian bangsa indonesia.

5. Mental kerohanian (ke-sh-an)





















Merupakan tujuan akhir persaudaraan SH Terate. Disini mental kerohanian/ keshan berpedoman pada “ mengenal diri sendiri sebaik-baiknya”. Tujuan dari pelajaran persaudaraan SH Terate adalah mendidik manusia dalam menempuh kehidupan,memproleh kebahagian dan kesejahteraan dunia akhirat.

===Baca Juga 8 SIFAT SEJATI WARGA PSHT ===