Ke-SH-an : 8 Sifat Sejati Manusia PSHT

Ke-SH-an : 8 Sifat Sejati Manusia PSHT

Manusia adalah Makhluk yang diciptakan oleh Tuhan dalam Bentuk yang sebaik-baiknya,manusia bisa dibilang adalah Makhluk paling sempurna di muka Bumi,karena manusia memiliki apa yang tidak dimiliki oleh Makhluk lain
yaitu akal,dengan akalnya itu manusia akan mampu menghadapi permasalahan yang terjadi di dunia. dengan akalnya itu pula manusia mampu menilai adanya benar dan salah serta memunculkan perilaku mulia yang ada pada yang mempergunakan akalnya,membahaas tentang perilaku mulia berikut ini adalah 8 perilaku atau sifat mulia yang harus ada pada diri seorang SHwan


>> baca juga Ke-SH-an : Alon-alon Waton kelakon>>


1.Tidak sombong,
Sifat sombong adalah salah satu sifat yang dibenci Allah SWT. Sifat sombong ini banyak jenis dan bentuknya, ada yang nyata dan ada juga yang samar-samar. Kesombongan yang nyata adalah kesombongan yang dapat dilihat oleh manusia, seperti merendahkan orang lain, memamerkan harta, membanggakan kedudukan jabatan, membanggakan keturunan, merasa lebih daripada orang lain, dan lain sebagainya.
===Baca Juga Ajining Diri Gumantung Ing Lathi >>>

Kesombongan yang samar-samar adalah kesombongan orang yang berilmu, yang di dalam hatinya merasa bahwa ia memiliki ilmu yang lebih tinggi daripada orang lain. Dalam kata-katanya seperti orang yang merendahkan diri, tapi dalam tindak-tanduknya ia menunjukkan bahwa ia adalah orang yang patut dihormati karena kelebihan ilmunya, merasa lebih mengerti tentang segalanya,sifat sombong amat sangat dilarang dalam PSHT karena sombong berarti menyekutukan Tuhan Yang Satu, dan tidak setya.
2.Sederhana,
Hasil gambar untuk sederhana
Sebagai seorang Warga PSHT yang tujuan dari PSHT sendiri yaitu adalah mendidik manusia berbudi pekerti luhur,maka kita sudah seharusnya belajar hidup sederhana dan tidak berlebih-lebihan/bermewah-mewahan dalam hidup sebagai cerminan diri kita yang berbudu pekerti luhur dan dekat dengan Allah SWT.sifat berlebihan sangat tidak pantas kita lakukan karena manusia tidak punya apa-apa, Tuhanlah pemilik keseluruhan yang ada di langit dan bumi.
3.Berani
Hasil gambar untuk berani
karena segalanya ada ditangan Tuhan, manusia hanya sekedar pelaku.

>> BAca Juga Grobogan dapat 1 Emas dan 1 Perak  >>

4.Mencintai alam semesta seisinya,



5.Sabar,


Sabar adalah suatu sikap menahan emosi dan keinginan, serta bertahan dalam situasi sulit dengan tidak mengeluh. sabar merupakan kemampuan mengendalikan diri yang juga dipandang sebagai sikap yang mempunyai nilai tinggi dan mencerminkan kekokohan jiwa orang yang memilikinya. Semakin tinggi kesabaran yang seseorang miliki maka semakin kokoh juga ia dalam menghadapi segala macam masalah yang terjadi dalam kehidupan. Sabar juga sering dikaitkan dengan tingkah laku positif yang ditonjolkan oleh individu atau seseorang
sabar artinya dapat menahan / mengendalikan napsu dan penuh welas asih, selalu siap memberi pengampunan (cepak pangapurane), tidak membenci.
6.Ikhlas,


artinya tahu menempatkan diri dalam setiap keadaan, tidak pernah mengeluh dan tahan dalam coba dan penderitaan, karena dalam keadaan apapun dan dimanapun Tuhan selalu menyertai umatNya.
7.Aktif Menolong

8.Jujur dan tulus

kejujuran dan ketulusan harus selalu kita pegang erat karena sadar bahwa dalam menghayati pola hidup ini tidak ada gunanya tidak jujur ,tidak tulus, ketidak jujuran akan menghambat dan merugikan perkembangan jiwa SH disamping merugikan hidup bermasyarakat..