Ke-SH an : Ojo Kagetan!


KE SA AN PERSAUDARAAN SETIA HATI TERATE OJO KAGETAN SHTER PASHTER

Ojo Kagetan adalah salah satu falsafah yang harus dipegang oleh Pendekar PSHT. Ojo kagetan dalam Bahasa Indonesia artinya Jangan Kagetan/Mudah terkejut. Makna dari Ojo Kagetan itu bukan berarti kita tidak boleh terkejut saat kita di kageti,lebih dari itu Ojo Kagetan mempunyai makna yang lebih dalam lagi.


Sering kita dengar pemberitaan di TV maupun di Koran-koran banyak terjadi kasus bunuh diri. Motifnya pun bermacam-macam,mulai dari karena Putus cinta dengan pacar,perusahaannya bangkrut,Bercerai dengan istrinya,kena PHK dsb. Ini sangat miris karena fakta tadi membuktikan bahwa manusia zaman sekarang sangat mudah berputus asa padahal masalah-masalah tadi adalah masalah yang lumlah. Ini juga menunjukan jauhnya manusia zaman sekarang dengan Tuhannya sehingga manusia tidak memiliki pedoman dan pegangan hidup lagi. Dalam kasus-kasus inilah kita harus budayakan filosofi Ojo Kagetan ini.

Ojo Kagetan maksudnya adalah jangan terkejut dengan taqdir yang kita hadapi. Misalnya Hari ini kita Kaya raya dan mempunyai perusahaan besar,ternyata besoknya tiba-tiba perusahaan kita koleps/bangkrut. Uang dan kekayaan kita tiba-tiba habis ludes. Dalam keadaan ini kita tidak boleh frustasi apalagi bunuh diri. Kita tidak boleh kaget menerima kenyataan bahwa kita menjadi miskin padahal sebelumnya kita masih menjadi orang kaya. Begitulah maksud dari filosofi ojo kagetan ini yaitu dalam keadaan dan situasi apapun Warga PSHT harus tetap bersikap biasa. Jadi orang kaya pun bersikap biasa dan jadi orang miskin pun juga bersikap biasa.