Ke-SH an : Ngalah-Ngalih-Ngamuk (3N)

ke sh an Psht persaudaraan setia hati terate Ngalah-Ngalih Ngamuk
Ngalah-Ngalih Ngamuk
Ngalah-Ngalih-Ngamuk (3N) kalau diterjemahkan kedalam bahasa Undonesia artinya adalah Mengalah-Menyingkir-Mengamuk. Ini adalah falsafah PSHT yang selalu dipegang teguh oleh siapa saja yang mengaku sebagai Pendekar PSHT. Di kehidupan nyata tidak di pungkiri akan selalu ada gangguan dari orang lain, Ngalah-Ngalih-Ngamuk (3N) adalah cara Pendekar PSHT dalam menghadapi gangguan dari orang lain dalam kehidupan sehari-hari.
Saat gangguan dari orang lain datang. Langkah pertama yang kita lakukan adalah Ngalah (Mengalah). Mengalah bukan berarti kita kalah atau takut pada musuh,biarpun musuh kita petentang-petenteng penuh kesombongan Pendekar PSHT harus mengedepankan sikap Andap Asor (Rendah Hati) dan bersabar dengan musuh kita.
Ketika musuh masih tetap dan terus mengganggu kita dan malah semakin menjadi-jadi kesombongannya lantas bolehkah kita marah?ternyata masih belum!. Langkah kedua apabila musuh masih mengganggu kita adalah Ngalih (Menyingkir) dari tempat kita. Kita masih tidak boleh membalasnya dengan kekerasan dan tidak boleh marah. Ingatlah kita sebagai seorang Pendekar PSHT memegang teguh filosofi Bunga Teratai yang artinya cinta perdamaian.
Kalau setelah kita Ngalah,lalu Ngalih ternyata gangguan semakin menjadi-jadi,kita harus pakai langkah terakhir yaitu Ngamuk (mengamuk) kita lawan gangguan dengan kekerasan sebagai pilihan terakhir..

Ngalah-Ngalih-Ngamuk (3N) adalah bukti dari keluhuran pribadi serta jiwa ksatria para Pendekar PSHT yang lebih mengedepankan Sifat Andap Asor (Rendah Hati) dari pada Nafsu/Emosinya.