Ke-SH an : Urip Iku Urup

Ke-SH an : Urip Iku Urup



Sangat banyak ajaran Falsafah di Persaudaraan Setia Hati Terate. falsafah tersebut di gunakan sebagai panduan hidup serta pedoman dalam kehidupan, baik untuk diri sendiri maupun dengan orang lain. salah satu falsafah Persaudaraan Setia Hati Terate yang di anut oleh para Warga nya adalah Falsafah URIP IKU URUP.
Falsafah PSHT ini adalah merupakan salah satu dari sekian banyak falsafah dan kata mutiara petuah yang selalu di pegang oleh kadang warga SH dimanapun dia berada.
Ke-SH an : Urip Iku Urup

Urip iku urup jika falsafah ini di terjemah kan ke dalam bahasa Indonesia sendiri mempunyai makna "hidup itu semestinya membuat nyala". maksudnya Bila hidup kita diibaratkan api, maka api tersebut harus dapat menerangi, yaitu Memberi manfaat bagi kehidupan di sekitarnya. intinya adalah kita hidup di dunia selain harus mampu menghidupi diri sendiri juga harus mampu menghidupi orang lain, mengayomi orang lain, membantu orang lain, mempermudah urusan orang lain, itulah yang di namakan dengan URUP.
 
Manusia adalah makhluk sosial, sehingga manusia harus saling berinteraksi satu sama lain. Menjalin komunikasi dengan yang lain. bekerjasama dengan manusia yang lain. itu semua karena manusia tidak akan mampu hidup sendiri tanpa bantuan orang lain. Manusia tidak bisa mengisolir diri, meskipun memiliki materi yang berlimpah. Itulah mengapa hidup itu harus menyala. Saling tolong-menolong adalah suatu kepastian. Itulah mengapa manusia membutuhkan manusia yang lain.